Tips&Trick : Perawatan dan Permasalahan E46

Buat temen-temen yang BMW E46, pasti pernah mengalami kendala pada kendaraan berikut ini adalah tips dan trick yang sudah di rangkum dari beberapa sumber yang di dapatkan di situs otomotif

bmw_e46_330i_37

Mau share dikit mengenai segala sesuatu tentang E46, mostly kekurangannya. Sebagai owner BMW 318i E46 N42 sekaligus anak bengkel yg udah 3taun berurusan sama E46, berikut ini merupakan list dari beberapa hal yg kamu perlu tau soal E46, mulai dari depan ya:

1. headlamp. lampu utama bohlamnya tipe H7. kata orang sih mobil eropa termasuk bmw ini kalo diganti HID, indikator error di dasbor bakalan nyala. Solusinya: pake HID yang ballast nya GEDE. biasa nya HID yg balast gede / balast lama / balast jadul, itu hid yg murah/keluaran lama. soalnya, kalo dikasih balast yg kecil/slim malah gak cocok.

Contoh Balast GEDE:

2. lampu senja. kalo udah bisa pake hid, tapi lampu senja masih standar kan nggak enak diliat mata, jadi enak nya diganti sama led aja, tipe bohlam nya T10 atau lazim dibilang dop tancap, dop cop, dsb… untuk ganti ke led, kabel lampu senja harus diparalel dengan dop tancep standar nya, ini untuk menghindari supaya indikator error di speedometer nggak nyala. jadi, solusinya, beli dop tancep sekalian sama soketnya untuk disambung secara paralel dengan kabel lampu senja bawaan mobil.

paralel lampu senja:

di belakang lampu ada ruang mesin

3. reservoir tank radiator. radiator e46 sudah dilengkapi dengan indikator level air. jadi kalo air di tabung reservoir kurang indikator di spido bakalan nyala. pasti sebagian besar pemilik e46 pernah mengalami ini, indikator radiator nyala, sering2 deh nambah air. ternyata, salah satu sebab paling sering terjadi adalah tabung reservoir tempat kita ngisi air itu retak halus setelah beberapa tahun pemakaian. retak halus ini nggak akan ketauan kalo mesin dingin, tp kl udah panas, air bakalan ngucur kayak pipisnya kodok gitu. solusinya ya ganti tabung reserve. lumayan murah kalo beli di toko sparepart, tp kalo gantinya di bmw dealer, lebih mahal karena bergaransi 2tahun.

Reserve tank:

lokasi reserve tank:

4. termostat transmisi otomatis. letak nya di bagian dasar tabung reservoir, untuk membukanya mesti membongkar tabung reservoir dulu. termostat ini pasti bakalan rusak/pecah setelah beberapa tahun mobil dipake. rusak nya komponen ini nggak akan ketauan dan nggak akan berasa efeknya di mesin. baru bisa ketauan setelah kita bongkar nomer 3 diatas. saran saya, selagi kita bongkar nomer 3, lebih baik termostat dilepas aja sekalian, kalo udah pecah. tanpa termostat, transmisi otomatis akan tetap dingin. cuma untuk manasin mobil tiap pagi, ada baiknya lebih lama dikit biar suhu oli matic mendekati panas optimum. selain itu, no problem.

ilustrasi & lokasi termostat: (snapshot dari realOEM)

5. selang selang radiator, bleeder, dan water pump. kalo nomer 3 udah diganti, tapi air masih berkurang, walaupun dikit, ada baiknya kamu cek ketiga parts ini. dicek satu satu dengan teliti, kalo kamu ngeliat ada bekas putih putih seperti tip ex/jamur/kerak air di sudut sudut selang/ sambungan, itu adalah pertanda air bocor/rembes. solusinya ganti kalo mau sembuh.

6. laker tensioner, stationer, dan ban kipas/vbelt. di mesin e46 n42 ada 2 laker yg paling sering bunyi kalo udah aus. 1 adalah tensioner, 1 nya lagi stationer. kalo mesin berisik waktu nyala, ada baiknya dicek ini laker, murah kok gantinya.

lokasi tensioner & stationer:

7. tangki air wiper. sepele tapi mengganggu. kalo air wiper e46 udah mau abis, indikator di spido bakalan nyala. pas kamu cek, tangki nya nggak bocor, selang juga nggak, ternyata sebab musabab nya simpel banget. di penutup tanki yg bentuknya bundar itu, terdapat lubang jarum untuk aliran udara. kalo lubang ini mampet, air wiper bakalan naik ke selang trus kebuang ke washer/kacrutan air. ini terjadi pas mesin panas dan air wiper mendekati titik didih. solusinya, ambil jarum trus lubangi lagi biar nggak mampet tutup nya.

washer tank:

8. rocker cover. mesin e46 n42 (318i facelift) paling sering rembes oli mesinnya disini. seal rocker cover nya nggak awet banget, mungkin nggak cocok buat iklim indo. kalo ganti sekitar 1,5 jutaan. saran saya, mendingan ganti di bmw dealer biar digaransi 2tahun, soalnya, pengalaman saya, ganti di bmw, belum 2 taun saya sudah klaim warranty 2kali karena seal rembes lagi rembes lagi. gratisssss. oya, pas ganti seal rocker cover, sekalian aja minta ganti seal eksentrik dan seal vanos nya, murah kok, biar kerjanya sekalian dan garansi nya total.

ilustrasi:

fisik seal:

lokasi seal:

9. seal housing oil filter. ini titik rawan bocor yg kedua, semua pemilik bmw e46 n42 pasti bakalan mengganti ini suatu saat. sifat nya sama kayak nomer 8.

seal oil filter housing:

10. cam position sensor, crankshaft position sensor. 2 sensor di e46 n42 yang rawan rusak. kalo sensor ini rusak, mobil bakalan mati mesin mendadak pas jalan baik pelan/kenceng. mesin bisa hidup lagi setelah di dorong dikit untuk memutar posisi crank/cam. tapi itu nggak akan menyelesaikan masalah karena beberapa ratus meter lagi setelah mobil hidup, bakalan mati lagi. terus menerus sampe sensor tersebut diganti. sekali lagi, ganti di bmw dealer biar dapet garansi, total 2 sensor kira2 5juta.

11. alternator/dinamo amper. komponen ini juga ada umurnya, sebagian besar pemilik e46 akan ganti ini. gejala rusak nya: indikator aki di spido akan nyala/berkedip saat mesin hidup. aki tekor. terkadang disertai bunyi mendenging/berdecit saat mesin hidup disebabkan laker oleng. bagi yg belum pernah ganti dari baru, untuk penggantian pertama sebisa mungkin di bmw dealer karena alternator pengganti merk nya bosch 150A tidak sama amper nya dengan bawaan mobil yg merk valeo. harus dilakukan coding terhadap ecu mobil biar bisa nerima alternator baru.

fisik:

12. seal as kruk. titik rawan bocor oli ketiga. kalo ada rembesan oli di bawah mobil, kemungkinan besar penyebabnya adalah seal as kruk yg waktunya ganti. ganti di bmw dealer biar dpt garansi dan pengerjaan nya lumayan rumit karena harus turun bak matic.

13. vacuum oil pump. letaknya dibagian belakang mesin, di tengah di depan firewall. titik rawan bocor oli ke empat.

fisik:

lokasi:

14. seal bak transmisi matic/oil pan matic. titik rawan bocor oli kelima. tapi yg rembes oli maticnya, waspada karena kalo dibiarin oli matic bisa habis dan transmisi bakalan jebol.

ilustrasi:

15. ganti oli matic. sampe sekarang masih simpang siur mengenai oli matic bmw e46. ada yg bilang gak perlu diganti sampe matic nya jebol, ada yg bilang umur oli matic bmw cuma 150rb kilo. bahkan service advisor bmw pun gak sama jawabnya antara 1 dengan lainnya. kalo dari klaim bmw, oli nya tahan seumur hidup/lifetime. lifetime disini maksudnya “diasumsikan bahwa umur transmisi matic e46 adalah 150rb kilo sebelum waktunya overhaul/replace” -> ini kata sebagian orang. kalo kata servis advisor bmw yg pernah aku tanya, dia malah bilang, “gak perlu ganti sampe rusak mas, ada e46 yang udah jalan 200rb kilo lebih dan gak pernah ganti oli matic sampe sekarang masih ok”. aku sendiri yg punya bengkel sampe bingung. tapi daripada gak diganti, mendingan diganti aja deh, pikirku. maka ku ganti lah oli matic, ganti sendiri aja bisa, kuras matic abis nya sekitar 12 botol ATF ZF oli matic asli bmw untuk e46. setelah kuras, efeknya kerasa banget, perpindahan gigi jadi alus banget seperti mobil baru. sebenarnya sebelum diganti pun, transmisi matic ku gak ada keluhan, cuma perpindahan gigi terutama downshift berasa banget jendulnya.

saran saya, abis ganti oli matic (kuras), setiap kali manasin mobil, agak lama yaa, biar temperatur oli matic bisa ke suhu optimum, biar kerja nya enak. bukan apa2, karena oli abis kuras itu bersih tanpa gram gram/serbuk serbuk logam, jadi oli jadi lebih susah panas ketimbang oli lama yg kotor penuh gram gram rontokan kampas.

di bawah mesin ada kaki2 depan:

16: bunyi2 di kaki depan bisa datang dari stabiliser support bar yg udah kocak, shock absorber yg udah mati, dan yg paling jamak dan mudah aus adalah arm bushing depan. bentuknya seperti gelang gede banget. kalo udah aus karetnya pasti bakalan bunyi glodakan pas lewat jalan kasar/polisi tidur.

arm bushing:

interior:

17: mobil bagus kok bocor pas hujan? bmw e46 karet kaca depan nya rawan banget bocor. emang dari awalnya karet2 di bmw gak tahan dengan iklim indo yg hot banget, jadi mudah sekali getas, kalo karet lis kaca depan udah getas, bisa bisa bocor air hujan dari atas, di sekitar lampu baca depan, dan sunvisor kiri kanan. solusinya, lepas plafon, trus tambal pake sealant dari kiri atas ke kanan atas. yg perlu di sealant adalah sambungan antara kaca dan plat atap mobil. pastikan sealant rapat dan rapi biar nggak keliatan.

sealant:

18: plafon anjlok. seperti halnya mercy w203, bmw e46 pun demikian. kalo udah kejemur panas, lama kelamaan plafon bawaan pabrik pasti anjlok, solusinya ya ganti, kalo mau awet pake bahan semi kulit seperti mbtech/sejenisnya, walaupun hasilnya gak bisa sama kayak bahan aslinya, tp lebih awet dan gampang dibersihkan.

turun ke bawah ada speaker depan.

19: speaker depan. seringkali, pemilik e46 mengeluh soal speaker depan yg terkadang mati nyala, baik mid maupun tweeter nya. problemnya ada di socket kabel di mid speaker nya. socket ini sering nya kendor, terutama socket tweeter nya yg nancap di mid woofer. solusinya, potong kabel tweeter, dan sambungkan langsung secara paralel dengan kabel mid speaker. masalah beres.

fisik speaker:

20. power window. sudah jadi rahasia umum, power window bmw e46 sangat gampang rusak. sling nya nggak tahan lama. kalo dibawa ke bmw dealer pasti disuruh ganti regulator utuh, mahal banget deh. buat yg pengen irit, bisa diakal kok itu regulatornya, dengan mengganti sling standar dengan sling kabel gas vespa yg murah banget, asalkan masangnya bener, dijamin problem beres.

fisik regulator power window:

21. mundur ke belakang, tinggal 1 masalah lagi, lampu belakang. saking canggih nya ini mobil sampe sampe ada lampunya yg mati, dikasih tau di spidometer nya. paling sering nyala error adalah lampu belakang. kalo diperhatikan, lampu belakang gak ada yg putus bohlam nya, tapi kok indikator nyala, ada apa gerangan? ternyata culprit/sumber masalahnya ada di socket lampu belakang yg ngefong/kendor. biasanya di bagian kabel/socket massa(negative) leleh. solusinya gampang banget kok, kabel massa yg bermasalah dipotong, trus dikasih skun cewek, trus ditancepin langsung ke rangkaian massa. beres.

leleh:

solusi:

22. oil separator dan selang uap oli. banyak pemilik 318i e46 dibikin pusing lantaran secara mendadak mobilnya “mbeluk” alias keluar asap putih di knalpot layaknya mesin mobil yg olinya terkonsumsi. tapi apa iya mobil yg belum terlalu tua bisa secepat itu mbeluk? well, to be honest, memang mesin N42 ini sudah sering dikeluhkan oleh pemilik bmw dan diamini juga oleh teknisi bmw sendiri: rawan banget mbeluk/oil blow by/oli terkonsumsi. tapi jangan terburu buru memvonis mesin waktunya overhaul ya, ada baiknya di cek dulu komponen di atas: oil separator dan selang uap oli. dua parts ini letaknya saling sambung. selang uap oli bakalan penyet dan mampet seiring usia pakai mobil. kalo udah mampet, uap oli nggak akan bisa mengalir sebagaimana mestinya, efeknya berantai ke oil separator, oil separator bakalan dibanjiri oleh uap oli yg mampet, lali menjadi residu oli. kalo sampe oil separator ini rusak, efeknya ya mbeluk di knalpot dan oli mesin sering berkurang. banyak kasus mobil e46 N42 yang mbeluk mesinnya bisa sembuh dengan hanya mengganti 2 parts ini. saran saya: jangan ganti selang uap oli di bmw dealer, mahal banget bossss, sekitar 600ribuan untuk sebuah selang biasa sepanjang sekitar 20-25 centimeter, beli aja selang biasa yg seukuran dengan itu, banyak dijual di toko onderdil lokal, sekitar 10ribuan saja. fungsi sama dan gak akan berpengaruh buruk, malah selang yg biasa bakalan lebih awet secara dia nggak akan penyet kemakan usia. kalo oil separator, ganti di bmw dealer aja karena pemasangan nya rumit harus melepas intake manifold.

selang mahalll:

kondisi rusak:

23. MOGOK…

Tiba tiba E46 anda mogok, distarter sih bunyi, tapi kok mesin nggak mau hidup ya????

marilah kita rinci 1 per 1:

A. cek tangki bensin anda, apakah ada isinya? INGAT, jangan percaya seratus persen dengan jarum penunjuk tangki bensin yg ada di spidometer E46. banyak sekali kasus jarum penunjuk bensin ngaco/ngawur setelah beberapa lama usia pemakaian mobil. bensin habis padahal pandom/jarum masih di atas E(empty). solusinya, coba isi bensin, siapa tau nyala mesinnya.

sudah coba A tetapi belum berhasil??? ini langkah kedua

B. taruh telinga anda di jok belakang sebelah kanan, pas di belakang sopir. lalu putar kunci kontak anda ke posisi ON (masuk, putar sekali ACC, putar sekali lagi ON). lalu dengarkan apakah ada suara mendesis/mendenging perlahan? yg anda cari adalah suara dari fuel pump/pompa bensin. kalo kurang jelas, kursi belakang bisa dilepas dengan mudah, tinggal tarik aja di bagian kiri dan kanan. ingat kursi bagian bawah ya, bukan bagian punggung.

lokasi fuel pump:

apa bila anda tidak mendengar ada suara fuel pump sedang bekerja, maka anda bisa lanjut ke langkah berikut.

C. fuel pump relay. ini merupakan salah satu masalah yg umum dialami pemilik E46 di seluruh dunia. relay yg mengaktifkan fuel pump seringkali kotor dan tidak bisa berfungsi normal, menyebabkan arus listrik ke pompa bensin hilang secara mendadak.

bentuk relay:

untuk bisa mengakses fuel pump relay, maka anda perlu membuka laci penumpang depan. ada beberapa skrup yg harus dilepas sebelum laci bisa di bongkar, gampang kok.

laci:

setelah laci terlepas, baru deh keliatan lokasi relay fuel pump.

ilustrasi:

setelah relay nya ketemu, coba ditukar posisinya sama relay klakson, lalu coba di starter lagi mobilnya, siapa tau hidup.

tapi kalo masih belum hidup juga / ternyata anda mendengar fuel pump mendenging saat kontak ON, maka lanjutkan ke langkah D

D. fuel filter.

ini adalah saringan bensin, letaknya di bagian bawah mobil, dekat pintu belakang sebelah kiri, aksesnya dari bawah mobil, fungsinya untuk menyaring bensin sebelum masuk ke injector dan diteruskan ke pembakaran. karena fungsinya untuk menyaring, jadi setelah beberapa waktu pasti akan mampet terkena akumulasi kotoran bensin, apalagi kalo anda pemakai premium / suka telat mengisi tangki bensin sehingga sering mendekati level E di jarum penunjuk bensin. kalo dah bener2 mampet, mobil gak akan dapat supply bensin, akibatnya mesin jadi brebet gak karuan, efek paling parah ya mogok dan gak isa hidup.

kalo langkah langkah diatas belum bisa mengatasi mogok yg anda alami, maka segeralah berkonsultasi dengan diler BMW / bengkel langganan anda.

BMW 24hrs Roadside Assistance, Telepon : (021) 2355 0092, 0 800 1821 212

24. bebunyian yg mengganggu.
semua pemilik e46 pasti pernah/sedang mengalami ini. pas nyetir, terutama di siang hari terik, timbul bunyi2 gemeretak, kriyet kriyet, kratak kratak, tek tek, di daerah daun pintu dan kaca jendela. itulah bunyi khas bmw e46 yg karet pintu nya udah getas. bunyi semacam gitu juga dialami oleh sebagian pemilik mercy w203. nampaknya karet2 pintu nya gak cocok buat iklim indo yg panas. tapi kalo kondisi hujan atau basah abis dicuci, bunyi2 tersebut hilang. solusinya gampang, beli “rubber conditioner” semprotan untuk karet2 pintu biar gak bunyi, aku sendiri reccomend merk HOLTS rubber n nylon lubricant. semprot di semua karet pintu, baik yg nempel di bodi dan yg nempel di pintu. bunyi2 akan menghilang secara instan / berkurang sangat drastis untuk beberapa waktu sampai nantinya timbul kembali.

25. nomer sakti..
pernah nggak memperhatikan surat perintah kerja/servis ketika anda berkunjung ke diler bmw untuk servis kendaraan? saking seringnya saya berkunjung ke astra bmw (di surabaya) sampe sampe saya mengetahui trik yg satu ini “KODE 17”

Di sistem komputer yg dipake bmw, ada program khusus untuk mencatat semua perintah kerja terhadap mobil konsumen. di program tersebut juga otomatis bakal dihitung ongkos kerja dari tiap2 pekerjaan. tapi ada satu kode yg dipakai untuk pekerjaan yg di gratis kan oleh bmw/service advisornya, yaitu kode 17. setiap pekerjaan yg dilabeli kode 17 tidak akan dikenakan biaya terhadap konsumen. salah satu pekerjaan sepele yg biasanya dilabeli 17 adalah menghilangkan bunyi2 karet pintu.

tapi jika anda berani berimprovisasi sedikit, mungkin anda bisa mendapatkan lebih daripada sekedar menghilangkan bunyi2 karet pintu. share pengalaman saya dikit yaaa:

1. pengen banget e46 ku bisa ngunci secara otomatis pas kendaraan melaju perlahan, setelah browsing internet, ternyata bisa diatur lewat setting an kunci di bmw dealer, langsung deh berangkat, sekalian sama servis rutin. aku samperin SA nya, “pak, setting in kuncinya ya sekalian biar bisa ngunci otomatis, 17 YA PAK!” ….. SA nya sempet kaget sambil pikir2 bentar, “nggih sampun, 17 nggih” ….. gratis deh…. (nama SA nya Tri dananjaya panggilan nya pak nanang, sampe skrg masih di astra BMW surabaya, tapi bentar lg pensiun) kebiasaan para SA di bmw surabaya kalo meladeni customer pake bahasa jawa halus, kecuali pak nurul huda.

2. naik e90, ac nya kok kurang dingin ya? sekalian servis rutin, bilang sama SA nya lagi, “pak tambah freon ya, biasa… 17…” SA nya bilang ” beres…” gratis lagi dehhh

jadi hikmah nya, sering sering lah meminta kode 17 kepada SA kalo lagi berkunjung servis ke bmw.

26. oil cooler transmisi.
pernah ndak menemui hal ini? ketika ngecek air radiator di tabung pengisian, tiba tiba melihat semacam oli mengambang di permukaan tabung radiator dan di sekitar tutup tabung. wah pasti kaget mampus… sama kayak aku dulu. aku udah negative thinking duluan, apa mesin mobilku jebol udahan? sampe sampe oli mesin sama air radiator kecampur? tapi kalo gitu kok mesin ku nyalanya langsam dan nggak brebet/ginjal seperti gejala mesin jebol? kok pas aku cek sunduk oli (dipstick) nya gak ada bekas air dan oli nya nampak normal?

eits… tunggu dulu, setelah browsing2 internet nemu deh penyebabnya. yang tercampur ke dalam radiator adalah oli matic. penyebabnya tak lain adalah rusaknya oil cooler ini:

letaknya persis di bawah tabung reservoir radiator, agak ke belakang. bentuknya semacam radiator mini gitu. di dalamnya mengalir oli girbox matic yang perlu didinginkan pake air radiator. kalo ini rusak, maka oli dan air bakalan tercampur. solusi nya, ganti. alat ini gak bisa dibenerin/diakal. beli aja di toko spare parts bmw. ganti sendiri bisa, di bengkel langganan kalian juga bisa, tapi ingat prosedur yg harus dan wajib setelah ganti oil cooler:
1. kuras radiator, kalo bisa sekalian pake obat kuras radiator, bisa merk forch atau yg lainnya, setelah kuras, isi radiator pake air(kalo bisa yg non mineral ya). ngisi nya harus dengan prosedur bleeding juga. kalo belum tau caranya bleeding radiator e46, nih aku kasih tulis:
1a. setelah radiator dikuras. kondisi mesin mati, isi air sampe penuh.
1b. kendorkan baut bleeder di sebelah tempat pengisian air. ikuti selang radiator ke arah mesin, ada 1 lagi baut bleeder di blok mesin bagian depan dekat filter oli. ingat ya, dikendurkan aja.

1c. nyalakan mesin, trus nyalakan a/c, tekan tombol pemanas ruangan, gambarnya seperti kaca depan yg ada tanda panah ke atas. fungsi heater dinyalakan adalah untuk membuka katup air radiator agar bisa masuk ke dalam sistem pendingin mobil agar sirkulasi air radiator yg sedang di bleeding berjalan optimal dan mengeliminir resiko air trap(udara nyangkut di dlm radiator). pas tombol heater dinyalakan, otomatis blower a/c bakal berputar ke level maksimum, itu wajar.

1d. kembali ke kap mesin, liat air mulai berkurang di tempat pengisian. tambahkan air sampe luber, perhatikan bleeder yg udah kendor, air akan mengucur di situ. kalo sudah mengucur tanpa gelembung udara, tutup rapat kembali bleeder nya, INGAT jangan terlampau kencang memutar bleeder karena terbuat dari plastik dan rawan jebol/pecah. ada 2 bleeder ya yg harus ditutup rapat.

1e. setelah bleeder tertutup, air di pengisian sudah mencapai maksimum, tutup kembali pengisian tersebut sampai rapat. proses bleeding sudah selesai.

2. setelah kuras radiator beres, selanjutnya adalah kuras oli matic. ini adalah bagian yg beresiko dan lumayan mahal. pilihlah bengkel matic yg berpengalaman menangani e46. dan pilih oli yg bagus (jauh lebih baik pake oli ATF ZF punya BMW karena oli ini panjang umurnya). sekalian ganti seal panci oli nya ya, dan ganti juga filter oli matic nya. bilang sama bengkel nya buat ngebersihin kotoran di dasar panci oli/oil pan.

kuras oli matic sangatlah penting mengingat sebelumnya oli dan air radiator sudah bercampur, sedikit ataupun banyak sama saja resikonya. mendingan kita keluar duit kecil buat perawatan (kuras matic) daripada keluar duit gede buat benerin matic yg rusak di kemudian hari gara2 lalai/menyepelekan hal ini.

kalo udah lewat 1 dan 2, baru deh masalah selesai.

27. tombol pembuka bagasi tidak berfungsi / indikator bagasi di spidometer menyala terus

hal ini sering banget kejadian di bmw, mulai e39 sampe e46. rangkaian kabel yg menghubungkan kelistrikan di kap bagasi dengan wiring harness mobil rawan putus di tengah:

kalo mobil anda mengalami salah satu / semua problem di #27, maka langkah pertama adalah membuka selang pelindung kabel yg menghubungkan kap bagasi ke bodi mobil. cek semua kabel dengan cara menarik 1 per 1 kabel apakah ada yg putus. kemungkinan besar pasti ada yg putus minimal 2 kabel.

kalo anda paham dengan penggunaan AVO meter, coba di cek sambungan kabel nya dengan avo meter. di kap bagasi sambungan kabel berakhir di socket trunk release dan door lock bagasi. untuk mengaksesnya tinggal melepas penutup bagasi yg terbuat dari babut.

sedangkan sambungan kabel di bodi mobil berujung di atas aki, di balik babut penutup dinding bagasi.

paling sering kabel putus di ujung bawah selang pelindung kabel. tampak di foto.

perbaikan agak susah karena selang tersebut sempit sekali untuk memasukkan kabel baru untuk mengganti yg putus.

 

 

Sumber : Modifikasi.com Alla About E46

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *